Time Watch


Get your own Digital Clock

Friday, January 23, 2009

Maaf n Memaafkan

Maaf adalah salah satu kata yg sulit sekali diucapkan oleh banyak orang. Seringkali ego berjalan mendahului kita. Karena ego inilah yg membuat kita sulit mengucapkan "maaf" kepada orang lain. Ada juga beberapa pemikiran yg menyatakan bahwa, kalau kita ga bersalah untuk apa kita bilang maaf duluan. Padahal untuk tujuan yg baik, tidak ada salahnya jika kita bilang maaf duluan. Lagi-lagi karena ego kitalah yg menuntun kita, bukan perasaan kita.

Selanjutnya adalah tentang memaafkan. Hal ini juga sangat sulit untuk dilakukan. Padahal kita tinggal memberi maaf saja dan melupakan kesalahan orang tersebut. Faktanya, hal itu memang sangat sulit dilakukan. Apalagi jika kita merasa bahwa kesalahan orang tersebut sudah sangat parah dan melampaui batas hingga membuat kita sangat terluka. Mungkin bagi sebagian orang memaafkan adalah hal yg mudah, tapi tindakan setelah memaafkan itulah yg sulit,yaitu MELUPAKAN KESALAHANNYA. Perlu disadari bahwa Tuhan aja bisa mengampuni bahkan melupakan kesalahan umatNYA yg bisa dibilang, ga terukur seberapa besar dan ga terhitung berapa banyak dosa kita kepadaNYA. Namun, Dia aja bisa kenapa kita ga bisa. Lagi-lagi memang ga mudah, tapi tidak ada salahnya jika dicoba guys.

Memang kedua hal diatas sangat sulit untuk dilakukan. Ada yg hanya bisa dengan mudah bilang maaf, tapi tidak bisa dengan mudah memaafkan orang lain, ataupun sebaliknya. Hanya mudah memaafkan, tapi sangat sulit mengucapkan kata maaf. Namun, segala sesuatu perlu usaha keras untuk menjadi lebih baik lagi kan?

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
a young lady that expect to get the best for every single thing she have, also for her life.